Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan
kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern
dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Jenis Komputer
Komputer benam
Sekitar 20 tahun yang lalu, banyak alat rumah tangga, khususnya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video,
PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat
elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yang
memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program
dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Maksud khusus komputer yang lain secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat
yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi
bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah
istilah untuk komputer yang banyak diketahui orang pada umumnya sehingga
banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer selain komputer
pribadi. Hanya orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara
eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Cara Kerja Komputer
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte
yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah
untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin
berisi data
yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot
mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin
saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70
(atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video,
dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat
dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah
secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai
matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan
jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU
(Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang
diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang
ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi
yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC -
Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit).
Unit Aritmatika dan Logika,
atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan
pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan,
dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT),
dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua
slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang
sebenarnya.
Unit kontrol
menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori)
yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali
hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol
pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh
hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik
(softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode
data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah
terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk
"menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus
yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu
yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga
listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja
secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana.
Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan,
hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang
sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer
adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan
perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah
komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar
perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu
membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang
ini, kebanyakan komputer dapat melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS
melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat,
UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak
waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara
bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip
bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi
adalah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program
komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya
memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan,
dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti
kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung
pada komputer.
Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan
biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan
untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC,
komputer awal AS awalnya dibuat untuk memperhitungkan tabel ilmu
balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang
neutron untuk melihat jika bom hidrogen
akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada
Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari
satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkit Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II.
Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan
dapat memainkan catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak data
dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia -
misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam
bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer
untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat komputer
dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan
pemerintah sering menggunakan banyak komputer kecil untuk menyelesaikan
tugas yang sebelumnya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal
dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi disebut
sebagai server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menghasilkan komputer yang sangat murah menjadi mungkin. PC
menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis,
dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang
matematika dengan lembarang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah dikostumisasi komputer dapat digunakan untuk banyak pekerjaan lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur program,
ditemukan cara mengaplikasikan mereka ke dalam alat lain seperti
peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri.
Prosesor benam
menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan
kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem
di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,
bentuk angkutan bertenaga, dan batas produksi pabrik dikuasai di sisi
komputer. Kebanyakan insinyur memprediksikan bahwa ini akan terus
berkembang.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
- Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
0 komentar:
Posting Komentar